Penerapan Metode Rapid Application Development pada Media Pembelajaran Digital Pengenalan Jenis Hewan Berbasis Augmented Reality


Zul Fadly(1*); St. Hajrah Mansyur(2); Farniwati Fattah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Perkembangan tekonologi telah menjadi kekuatan revolusioner pada bidang Pendidikan, membawa perubahan yang signifikan dalam sistem pembelajaran. Penggunaan teknologi khususnya dalam mempelajari tentang pengenalan berbagai jenis hewan dapat memberikan kemudahan pada guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Pengetahuan mengenai berbagai jenis hewan tidak hanya mendukung kurikulum sekolah dasar tetapi juga menumbuhkan rasa ingin tahu dan meningkatkan pemahaman anak-anak tentang lingkungan sekitar mereka. SD Inpres Tamamaung 2 Makassar merupakan salah satu sekolah yang terletak di Kota Makassar kegiatan belajar mengajar pada sekolah ini masih menggunakan metode konvensional, dimana guru masih menjelaskan sesuai buku panduan. Hal ini lebih mudah membuat anak bosan, sehingga menghambat perkembangan kognitifnya. tidak dapat mencapai pemahaman yang mendalam bagi siswa. hal ini silihat berdasarkan hasil pretest yang dilakukan pada siswa kelas 4 SD Inpres Tamamaung 2 Makassar tanggal 27 Januari tahun 2024 menunjukkan hanya 25% dari 24 jumlah siswa yang memahami terkait pengenalan hewan. Berdasarkan permasalahan ini maka dibuatlah sebuah media pembelajaran digital berbasis Augmented Reality dan Rapid Application Development sebagi metode pengembangannya sehingga dapat memfasilitasi pemahaman siswa terhadap jenis-jenis hewan menurut jenis makanannya.etelah dilakukan implementasi media pembelajaran berbasis augmented reality dan diukur berdasarkan hasil posttest yang dilakukan pada tanggal 3 Februari 2024 diperoleh hasil 50% dari 24 jumlah siswa telah memahami tentang pengenalan hewan berdasarkan jenis makannya. Ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 25%.

Keywords


Augmented Reality; Rapid Application Development; Android; Marker Based Tracking; Blackbox

  
     

Article Metrics

Abstract view: 34 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v5i1.2164
  

Cite

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.